Ide kreatif dirumah selama PSBB

Share:
Anda pernah melihatnya di Instagram, YouTube, dan Facebook: pikiran kreatif itu berkembang di bawah masa lock down atau psbb. Baik itu dengan menciptakan karya seni, membuat pernak pernik, memberbaiki rumah, membuat pakaian dari tirai tua, atau hanya menemukan cara inventif untuk beradaptasi di tempat kerja dengan waktu yang cukup aneh ini. Pada saat dirumah saja, sering kali kita menemukan hal hal yang harus kita perbaiki atau kita percantik dan kita dapat melakukan nya sendiri dirumah karena keadaan yang tidak memungkinkan untuk menyuruh tukang atau orang lain memperbaiki nya. Di mulai dari mencari tahu apa penyebab ac tidak dingin atau memperbaiki pipa air yang mampet. Memang di masa psbb atau lock down ini banyak orang yang terdorong untuk menjadi lebih kreatif dirumah.


Menjadi kreatif adalah keterampilan bertahan hidup yang baru. Bagi sebagian orang yang mengalami psbb, inspirasi lebih sulit dipahami. Kita cenderung berpikir bahwa tidak bisa pergi keluar atau bertemu orang lain akan menumpulkan kreativitas kita. Untungnya, belum tentu demikian: ada banyak cara untuk membuat ide kreatif mengalir, bahkan saat Anda terjebak di rumah. Dengan bantuan dari Jean Marc Moncorger, penulis Créativité - Un Nouveau Regard? (Kreativitas - Tampilan Baru), kami memiliki enam tip untuk membantu Anda membangkitkan potensi kreatif Anda.

Mengapa kita merasa perlu menjadi kreatif dalam masa PSBB?

Apakah kita memiliki pekerjaan kreatif atau tidak, gelombang inspirasi dan kreativitas menguasai sebagian dari kita saat kita terjebak di rumah. Mengapa ini perlu membuat permukaan tiba-tiba? Jean Marc berkata: “Yang pasti adalah bahwa bahkan di waktu normal, setiap orang menciptakan dengan satu atau lain cara. Beberapa lebih dari yang lain, dan itu bervariasi dari waktu ke waktu. Dalam lockdown, banyak orang benar-benar meningkatkan kreativitasnya. Beberapa teori menyarankan bahwa Anda harus merasa seolah-olah Anda kehilangan sesuatu untuk berkreasi. Hal ini tidak selalu terjadi, tetapi begitu benar pada saat ini sehingga dapat membantu menjelaskan peningkatan kreativitas ini. Saat ini, kami merindukan kebebasan kami, kami merindukan interaksi sosial kami, kami merindukan rutinitas kami, kami kehilangan solusi yang biasa kami miliki untuk membimbing hidup kami. Jadi kami mencarinya di tempat lain, menggunakan kreativitas kami. ” Kita harus merangkul ini, bahkan di saat krisis, karena ini memungkinkan kita untuk berinovasi dalam pekerjaan kita, untuk menemukan solusi cerdas untuk masalah kita dan, di atas segalanya, untuk berkembang setiap hari. Jadi, demi kepentingan terbaik kita untuk memeliharanya, apakah kita memiliki pekerjaan kreatif atau tidak. Jadi, bagaimana Anda melakukannya?

Bagaimana Anda mengembangkan kreativitas dalam masa PSBB?

Mulailah dengan menerima bahwa Anda tidak akan langsung berhasil.Meskipun ini mungkin tampak berlawanan dengan intuisi, kami dapat meyakinkan Anda bahwa nasihat ini sebenarnya positif dan akan membantu Anda.

Kita sering menunda menjadi kreatif karena takut gagal. Kami takut menginvestasikan waktu untuk sesuatu tanpa harus tahu bagaimana melakukannya dan kami takut kecewa dengan hasilnya. Jadi kami menunda-nunda. Pada saat seperti ini, ketika hanya ada sedikit hal di sekitar yang merangsang kita, bagaimana kita menghadapinya? Bagi Jean Marc, Anda perlu memahami kegagalan dan bahkan mendapatkan inspirasi darinya. “Orang sering berpikir kreativitas adalah 'memiliki ide', tetapi sebenarnya itu hanyalah titik awal. Setelah itu Anda harus bisa mengevaluasi dan menguji ide tersebut, dengan kata lain mencobanya. Selalu ada hasil yang 'diharapkan' dan hasil yang 'aktual'. Jika keduanya cukup dekat, jauh lebih baik - tetapi itu jarang terjadi. Seringkali ada celah yang lebih lebar, dan itu juga bagus. Kamu hanya perlu belajar bagaimana menerimanya dan melangkah maju. ”Apalagi yang sering disebut dengan“ gagal ”sebenarnya adalah“ belajar ”. “Fakta bahwa kami mungkin telah melewatkan pencapaian sesuatu dapat membuka pintu bagi kami, karena kami akan menghilangkan hipotesis,” katanya. "Rintangan memberikan informasi yang mendorong refleksi dan memungkinkan kita melangkah lebih jauh dari ide awal kita."


Semua kegagalan kecil sebenarnya adalah pengalaman yang akan memberi kita informasi yang pada akhirnya membantu kita mendekati tujuan awal kita, sedikit demi sedikit, atau bahkan memperbaikinya. “Bayangkan seseorang pergi memancing untuk pertama kalinya. Orang tersebut akan mengandalkan semua pengetahuan yang telah mereka miliki tentang subjek tersebut. Mereka kemudian melemparkan tali mereka dan memutarnya kembali. Jika mereka tidak menangkap apa pun, itu akan memberi mereka informasi untuk mungkin mencoba di tempat lain di tepi sungai. Kreativitas itu sama. Faktanya, proses ini sering dilakukan sepanjang hari, setiap hari, tanpa kita sadari. ” Kesalahan adalah bagian integral dari proses kreatif dan tidak boleh membuat putus asa. Dalam menggambar, para pemula seringkali disarankan untuk menggambar dengan tinta atau tidak menghapus hasil karyanya sehingga mereka bisa melihat kesalahannya dan belajar dari mereka. "Gagal" hanyalah bagian dari pembelajaran. Jadi, jika Anda memiliki ide untuk metode komunikasi baru, desain grafis, atau proyek lain apa pun untuk perusahaan Anda, jangan berasumsi bahwa Anda tidak punya peluang, lanjutkan saja dan lakukan!

Rintangan memberikan informasi yang mendorong refleksi dan memungkinkan kita melangkah lebih jauh dari ide awal kita,” Jean Marc Moncorger

Memberi makan pikiran Anda

Memang benar saat ini kita tidak dapat menjelajahi lingkungan kita, mengunjungi pameran, atau bertukar ide dengan orang lain seperti yang biasa kita lakukan. Tetapi apakah ini harus menghalangi kreativitas kita? Tentu saja tidak! Menurut Jean Marc, Anda dapat berkreasi di mana saja: “Kreativitas ada di mana-mana, dan ada orang yang dapat berkreasi dalam kondisi terberat.” Untuk mengembangkan kapasitas ini, manfaatkan situasi saat ini untuk menyehatkan pikiran, mendidik diri sendiri, dan memperlakukan setiap hari sebagai awal yang baru. “Untuk berpindah dari keadaan 'normal' ke keadaan kreatif, Anda harus menambahkan 'elemen'. Untuk membuat chemica

Saya reaksi, Anda harus mencampur semuanya. Itu sama dengan kreativitas! Kreativitas tidak turun secara ajaib dari langit. Memantau tren saat ini adalah tempat yang tepat untuk memulai, tetapi bisa sangat memakan waktu. ” Internet dan jejaring sosial dapat menawarkan banyak konten sebagai inspirasi. Tapi perluas cakrawala Anda melampaui apa yang Anda ketahui dan cintai. Pelajari disiplin ilmu, ceruk, estetika, atau bahkan suara yang tidak Anda ketahui dan mungkin tidak Anda sukai pada awalnya. Mengembangkan ide juga melibatkan keterlibatan dalam aktivitas yang membuat kita merasa baik dan yang membuat kita berada dalam suasana hati yang tepat untuk berkreasi di waktu luang kita, seperti memasak, menyelesaikan teka-teki, atau menonton film yang bagus. Cobalah menyiapkan daftar aktivitas yang membuat Anda bahagia dan bertujuan untuk memasukkannya ke dalam hari-hari Anda, karena ini bisa menjadi hal-hal yang benar-benar akan merangsang Anda.

Lakukan senam mental

Ketika kami masih kecil, kami tidak kesulitan menemukan inspirasi untuk berkreasi. Kami mendapat ide bagus setiap dua menit dan kami tidak pernah takut untuk mencobanya - bahkan jika itu berarti mewarnai rambut Barbie menjadi biru atau mengecat dinding kamar tidur kami dengan warna hitam. Dengan sedikit pelatihan, kreativitas ini dapat diperoleh kembali. Cobalah menemukan inspirasi selama penguncian dengan mempelajari cara bermain lagi dan melakukan beberapa latihan imajinatif. Amati tetangga Anda dan ciptakan backstory gila tentang mereka. Mainkan permainan dengan orang-orang di sekitar Anda yang memungkinkan Anda memproyeksikan diri Anda ke tempat lain, misalnya, membuat benteng di ruang tamu atau bermain peran. Ciptakan cerita seputar tokoh sejarah. Proyeksikan diri Anda ke tempat, dunia, atau era yang asing. Lihatlah objek yang Anda kenal dengan mata baru dan kritis. Tempatkan diri Anda sebagai tokoh film dan bayangkan apa yang telah Anda lakukan secara berbeda. Semua latihan ini akan memungkinkan Anda untuk memperbaiki otak Anda, mendapatkan perspektif baru tentang dunia di sekitar Anda dan meningkatkan kreativitas Anda di tempat kerja.

Tantang rutinitas

Menurut Jean Marc, kami sangat kreatif ketika kendala membebankan pada kami karena kami tidak punya pilihan selain memberikan solusi: “Anda tahu perjalanan harian Anda untuk bekerja dengan sepenuh hati. Namun jika Anda menemukan sesuatu yang mengganggu perjalanan, Anda akan menemukan jalan yang sebelumnya tidak ada [dalam pikiran Anda] dan karena itu, Anda akan kreatif dalam menemukan solusi. Ini sama dengan pekerjaan itu sendiri. Ada protokol yang ada dan tidak lagi dipertanyakan, dan protokol lain yang belum ada dan harus dibuat. ” Coba gunakan periode psbb ini, di mana Anda mungkin tidak memiliki sumber daya yang sama seperti sebelumnya, untuk menjadi inovatif. Apakah Anda kekurangan peralatan? Coba gunakan berbagai hal dan mungkin Anda akhirnya akan lebih memilih alat baru. Bahkan jika Anda memiliki semua yang Anda butuhkan, Anda dapat menciptakan batasan untuk membantu memaksakan pemikiran baru dan menyegarkan pandangan Anda.

Menarik untuk mengamati apa yang Anda lakukan secara rutin di tempat kerja dan apa yang tidak lagi Anda pertanyakan dan kemudian mencoba memahami apa yang mungkin dapat Anda lakukan secara berbeda. Otak kita terus-menerus mendorong kita untuk bergerak menuju apa yang sudah kita ketahui, tetapi kreativitas adalah tentang bergerak menuju hal-hal baru. "Otak kita bekerja melawan kita," kata Jean Marc. Ini menghemat energi dengan secara otomatis mengarahkan Anda ke apa yang sudah Anda ketahui. Untuk berkreasi, pertama-tama kita harus menarik inspirasi dari apa yang sudah kita miliki untuk menanggapi kendala yang kita hadapi. Saat kami memasak dan menemukan bahwa kami tidak memiliki bahan, misalnya, kami menggunakan pengetahuan kami untuk memikirkan apa yang dapat kami ganti dengan bahan yang akan berhasil. Ini tentang trial and error dan menguji hipotesis. Dilihat dari sudut pandang itu, sangat menyenangkan berada di lockdown karena Anda tidak memiliki akses ke semua sumber daya yang Anda butuhkan sebelumnya. Jadi, Anda harus menggali jauh ke dalam otak Anda untuk menemukan solusi baru: ini melibatkan mengubah yang ada menjadi sesuatu yang baru. Misalnya, orang yang membuat kerajinan di rumah sering menggunakan pilihan barang yang mereka temukan tergeletak di sekitar. Kreativitas adalah bagian besar dari semua tindakan kecil ini.

“Untuk berkreasi, pertama-tama kita harus menarik inspirasi dari apa yang sudah kita miliki untuk menjawab kendala yang kita hadapi. Seperti saat kami memasak dan kami kehilangan bahan. " Jean Marc Moncorger

Menyelesaikan tugas

Apakah Anda takut memulai tugas kreatif karena tidak tahu harus mulai dari mana? Memecahnya menjadi beberapa langkah akan membantu membuatnya tidak terlalu menakutkan. Apakah Anda ingin menggambar sesuatu, membuat piagam baru untuk klien, membuat lagu, menulis artikel, menetapkan strategi media sosial, apa pun itu, Anda harus membuat rencana terperinci untuk semua langkah proyek Anda. Anda dapat memulai hari sebelumnya dengan membuat papan suasana hati, mencari tahu alat yang Anda perlukan atau membuat draf. “Memecah aktivitas menjadi serangkaian tugas yang lebih kecil benar-benar dapat membantu Anda memahami kerja kreatif saat Anda mengalami kesulitan untuk memulainya. Saya ingat ketika saya masih remaja, saya bermain piano dan tidak bisa memainkan musik jazz. Saya harus memainkan empat atau lima akord, dan saya terus gagal. Guru saya menyuruh saya untuk memecah bagian itu dan itu benar-benar membantu saya untuk maju. " Membagi pekerjaan Anda menjadi berbeda,

No comments